RAHASIA KEHIDUPAN ORANG JAWA "ILMU SLAMET"


Seperti apakah ilmu slamet yang bisa kita gunakan untuk kehidupan sehari - hari, apakah slamet itu merupakan suatu ilmu kanuragan atau ilmu ghoib !!!, Mohon di baca sampai selesai ya sobat agar mengerti mengenai ilmu apa yang ingin saya sampaikan pada artikel ini :)

Ilmu Slamet Orang Jawa ( Foto @bramardianto.com )

Slamet artinya jika dalam bahasa Indonesia adalah Selamat, Slamet sendiri dalam bahasa jawa mengartikan keselamatan, perlindungan, terhindar dari goda-goda dll.

Pernahkah anda membayangkan apa rahasia orang Jawa itu bisa selalu tenang dan ramah meski dirinya dalam kondisi yang tidak baik atau bisa dibilang sedang dalam masalah saja orangnya tetap bisa tersenyum. Namun rupanya hal tersebut ada rumus dan juga kuncinya mengapa orang jawa itu ramah senyum dan selalu bisa menghormati orang yang lebih tua !!!


"Ilmu Slamet Dalam Bahasa Jawa"
"Dedalane guna lawan sekti. Kudu andhap asor. Wani ngalah dhuwur wekasane. Timungkula yen dipun dukani. Bapang den simpangi. Ana catur mungkur."


"Ilmu Slamet Dalam Bahasa Indonesia"
(Jalan hidup bagi manusia utama itu wajib rendah hati. Berani mengalah itulah yang akan menjadikan kita pemenang. Dengar dan diam bila ada yang marah. Halangan harus dihindari. Jangan bicara yang tidak perlu)


Bait di atas merupakan Kidung Mijil yang terdapat didalam serat Wuylang Reh. Itu hanyalah sekelumit dari sumber ajar tentang bagaimana cara hidup orang Jawa agar mendapatkan keselamatan.

Secara sederhana, ILMU SLAMET adalah suatu metode dalam menempuh kehidupan nyata sehari - hari agar selamat dari segala masalah dan kesulitan. Intinya adalah memiliki dan mempraktekkan cinta kasih.

Keselamatan dalam hal ini meliputi raga, jiwa dan batin. Artinya, bagaimana kita memiliki pikiran, tubuh dan jiwa yang sehat. Hanya dengan pikiran, tubuh dan jiwa yang sehat, maka kita dapat menjalani kehidupan secara tenang, damai dan bahagia.

Kondisi inilah yang akan melapangkan jalan kita untuk membangun kehidupan spiritual yang juga sehat. Sehingga keselamatan dapat kita peroleh dalam kehidupan di dunia kini, saat ini, maupun di akherat nanti. Sehingga kehidupan kita di bumi ini terjadi seperti disurga, seturut kehendakNYA.

Sayangnya, dari bait pendek tentang bagaimana menjadi manusia utama yang berjiwa ksatria itu saja, Saat ini tampaknya sulit dilaksanakan.

Baca Juga Berita Kami Lainnya :)



  1. Heboh !!! Orang Terkaya Di China, Ternyata Anak Muda Indonesia Asli Cilacap
  2. Piramida Tertua Di Muka Bumi, Ada Di Indonesia


Rendah hati merupakan sikap yang barangkali dianggap aneh pada saat ini. Karena orang sekarang lebih suka tinggi hati. Maka sehari - hari kita lebih akrab dengan kata - kata dan kalimat bermuatan "gengsi", "harga diri", "mukaku mau ditaruh di mana" dan sejenisnya. Bagaimana mungkin bisa hidup tenang kalau begini ?

Begitu juga dengan mengalah. Tidak terbayangkan di benak orang sekarang, bagaimana mengalah itu yang bakal menang. Maka orang justru didorong untuk "Jangan mau ngalah", "Jangan diam terus", "Lawan", "Tunjukkan siapa diri kita", "Jangan mau diinjak - injak." dan seterusnya. Tak heran jika orang sulit mendapatkan kedamaian.

Dengar dan diam kalau ada yang marah ? Ajaran ini barang kali banyak dianggap aneh bagi orang sekarang. Masak iya ada orang yang marah, kok, malah didengarkan dan kita harus diam ?

Biasanya orang akan balas marah, bahkan marah lebih besar lagi, atau ditinggal pergi. Itu sebabnya banyak pesan ( message ) yang tidak sampai dalam hubungan orang tua dan anak atau suami dan istri atau juga atasan dan bawahan dan bisa juga buruh dan majikan. Apalagi cuman sekedar kenalan atau tetangga yang jarang berurusan. Tidak ada relasi yang dekat atau hubungan emosional yang mendalam, karena tidak mau mendengarkan.

Jangan bicara yang tidak perlu, pun merupakan nasihat yang barangkali dianggap konyol untuk orang sekarang, Justru banyak orang sekarang bicara hal - hal yang tidak perlu, karena yang perlu dan penting justru tidak pernah disentuh.

Ini terjadi bukan hanya dalam relasi pribadi, tapi juga di level politik nasional. Sinetron, Infotainment dan para pembaca acara di televisi pun merupakan contoh yang sangat jelas tentang gemarnya orang berbicara yang tidak perlu.

Dari sekelumit nasihat tentang cara hidup itu, tampaknya tak satu pun yang cocok dengan gambaran umum cara hidup orang sekarang. Bahkan perkara menghindari penghalang saja, orang sekarang lebih suka menabraknya kalau ada hal - hal yang dianggap sebagai penghalang. Lha wong peraturan, tata krama, undang - undang saja dilangkahi begitu saja kok.

Apakah nasihatnya yang tidak sesuai lagi dengan jamannya ? Tidak. nasihat tersebut sebetulnya tidak lekang oleh waktu. Hanya, kita tidak mampu lagi melakukannya. Dan kita sudah melihat hasilnya. Kehidupan semakin terasa sumpek, panas, meresahkan, dan bikin stres. Penyakit orang sekarang mayoritas karena akibat stres.

Baca Juga Berita Kami lainnya :)



  1. [Bukti Kajian Al Quran] Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman A.S
  2. Peradaban Atlantis Yang Hilang, Ada Di IndonesiaIndonesia
  3. Alasan Indonesia Di Takuti Israel


Nasihat cara hidup orang jawa itu memang sudah banyak dilupakan, bahkan oleh orang Jawa itu sendiri. Tapi, sesungguhnya, ajaran Agama - Agama besar juga mengingatkan hal yang sama tentang kerendahan hati dan pengendalian diri.

Cobalah sobat mulai sekarang renungkan diri kalian masing - masing apakah anda merupakan orang yang memiliki rahasia "ilmu slamet" dari kehidupan orang Jawa yang ada pada diri kalian.

Tidak ada komentar: